Pendidikan Tinggi di Flanders

Penulis : Juliando Kusmanto

Sesuai dengan komitmen Eropa, yang disebut Bologna Process, Pendidikan Tinggi di Flanders (atau di Belgia) dibagi menjadi dalam struktur Bachelor-Master. Selain program Bachelor dan Master, ada sejumlah program yang berperan atau dikategorikan dalam Perguruan Tinggi (selanjutnya disebut PerTi).

Berikut ini adalah Pendidikan Tinggi yang ditawarkan di Flanders:

  • Program Bachelor
  • Bachelor profesional
  • Bachelor akademik
  • Program Master
  • Program lanjutan
  • Bachelor na Bachelor (Bachelor pasca Bachelor)
  • Master na Master (Master pasca Master)
  • Program khusus pendidikan guru
  • Pasca sarjana dan pendidikan penyegaran (pendidikan special atau tambahan)
  • Program Doktor

Program Bachelor

Program ini memiliki dua orientasi, yakni profesional dan akademik. Gelar Bechelor akan didapat setelah menyelesaikan pendidikan setidaknya 180 kredit (atau biasanya tiga tahun akademik).

Program Bachelor yang berorientasi profesional, terutama difokuskan pada praktek profesional dan bertujuan untuk membawa mahasiswa ke tingkat pengetahuan umum, khusus dan keterampilan yang diperlukan untuk usaha perorangan atau kelompok. Atau yang telah siap terjun ke dunia tenaga kerja yang trampil.

Program Bachelor yang berorientasi akademik adalah program yang menyiapkan mahasiswanya untuk melanjutkan jenjang pendidik ke program Master.

Program Master

Program Master secara umum berorientasi pada akademik, tetapi mungkin juga memiliki orientasi profesional. Terlepas dari universitas, Hogeschool (atau Sekolah Tinggi yang ber-asosiasi dengan sebuah universitas) juga menawarkan program Master. Gelar Master diberikan setelah menyelesaikan setidaknya 60 kredit (atau satu tahun akademik).

Program Master ini dirancang untuk membawa mahasiswa untuk tingkat lanjutan pengetahuan dan kompetensi yang diperlukan untuk karya ilmiah atau seni pada umumnya dan ke domain ilmu tertentu atau seni khususnya, yang diperlukan untuk praktek otonomi ilmu atau seni atau menerapkan pengetahuan ilmiah atau artistik dalam praktek profesi perorangan atau kelompok.

Program master diselesaikan dengan mempertahankan tesis. Bobot tesis adalah setara dengan (setidaknya) seperlima dari jumlah total kredit program tersebut, dengan minimal 15 SKS dan maksimal 30 SKS.

Program lanjutan

Bachelor pasca Bachelor dan Master pasca Master adalah program lanjutan. Sebagai mahasiswa, anda harus sudah menyelesaikan program Bachelor untuk mengejar pasca Bechelor atau telah menyelesaikan program Master untuk mengejar pasca Master.

Setiap program memiliki minimal 60 kredit.

Program khusus pendidikan guru

Pelatihan guru khusus yang mengarah ke kualifikasi guru. Kualifikasi pendidikan ini merupakan prasyarat untuk mengajar (yaitu pengangkatan permanen dalam pendidikan). Dengan gelar ini, anda dapat mengajarkan program yang sesuai dengan gelar Bachelor atau Master anda.

Selain mengajar, diploma ini juga menawarkan kemungkinan lain. Dengan keterampilan yang dipelajari: kemampuan ber-komunikasi (berbicara di depan umum atau presentasi), juga banyak diperlukan untuk pekerjaan non-guru.

Program ini memiliki 60 kredit yang terdiri dari 30 untuk teoritis dan 30 praktek.

Pasca sarjana dan pendidikan penyegaran

Lembaga-lembaga PerTi juga menawarkan pendidikan yang dapat diselesaikan dengan sertifikat pasca sarjana dan pendidikan berkelanjutan dan pengembangan profesional dalam konteks pendidikan berkelanjutan.

Sertifikat pasca sarjana diberikan setelah pendidikan minimal 20 kredit yang ditujukan untuk kegiatan pendidikan dan pelatihan. Pendidikan pelatihan ini dirancang untuk memperluas dan/atau memperdalam keterampilan yang diperoleh setelah gelar Bachelor atau Master dan dalam kerangka pelatihan profesional lebih lanjut.

Sertifikat ini diberi secara formal tanpa harus memenuhi persyaratan yang berlaku untuk Bachelor atau Master.

Program Doktor

Gelar Doktor adalah gelar akademik paling tinggi yang dapat dicapai di Flanders. Istilahnya ‘ the ultimate in the Flemish diploma ranking’. Gelar ini diperoleh dari sebuah universitas setelah sukses pertahanan disertasi di depan publik.

Penyusunan disertasi program doktor adalah peneliti secara independen yang harus memberikan kontribusi untuk pengembangan dan pertumbuhan pengetahuan ilmiah. Disertasi ini harus menunjukkan kemampuan untuk menciptakan pengetahuan ilmiah baru dalam bidang tertentu atau di bidang yang berhubungan dan harus mengarah pada publikasi ilmiah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s