ID Card

Berikut ini saya berikan penjelasan tentang perbedaan ID dengan visum, sebab berdasarkan pengalaman masih ada yang sering tertukar istilah.

ID card untuk orang asing adalah kartu izin tinggal sementara (resident permit yang diberikan untuk student atau siapapun yang tinggal lebih dari 3 bulan.

ID dibuat berdasarkan jenis visum yg tertera di passport. Visum adalah izin masuk kenegara lain (disini Belgium) agar kita diizinkan masuk kenegara tersebut (untuk tujuan tertentu). Masa berlaku visum  biasanya enam bulan dihitung mulai dari tanggal visum itu dikeluarkan oleh kedutaan. Jika dalam 6 bulan kita tidak masuk ke negara tsb, visum menjadi kadaluwarsa, dan jika diperlukan kita harus meminta lagi.

Visa untuk mahasiswa adalah student visum type D dengan single atau multiple entry.

Jika kita sudah mempunyai ID dan ID kita masih berlaku, seandainya kita keluar Belgia, untuk masuk lagi tidak perlu visum, cukup dengan passport dan ID.

Syarat untuk mendapatkan ID

Untuk mendapat ID, seseorang harus lapor diri terlebih dulu. Secara teoritis mahasiswa harus lapor diri dalam jangka waktu 8 hari sesudah masuk Belgia. Hal ini tidak mungkin bagi mhsiswa yg blm punya alamat tinggal (lihat dibawah). Tetapi makin cepat makin baik, karena kalau sdh punya ID kita tentram dan memang banyak keuntungannya.

Dokumen yang diperlukan :

– Passport dengan student visum

– Bukti pendaftaran di Universitas/Hoge school/language center

  • Jadi begitu datang mahasiswa S2 dan S3 harus segera pergi ke universitas/Hogeschool untuk mendaftar.
  • Untuk mahasiswa S1 yg mendapat student visumnya berdasarkan letter of admission dari university dan dari bukti daftar kursus bahasa Belanda tanpa atau dengan paket kursus bahasa Belanda 6 bulan, segera daftar diri ke UCT (language center).

– Alamat tempat tinggal

Untuk mahasiswa yg datang sebelum punya tempat tinggal, dalam mencari tempat sewaan (privat) yg sangat harus diperhatikan dan ditanyakan sebelum negosiasi selanjutnya adalah apakah landlord bersedia tempat yang disewakannya dipakai sebagai main residence., karena banyak yang ga bersedia. Mahasiswa Belgia biasanya domicilienya (residencenya) yg formil tetap dengan orang tuanya walaupun mereka menyewa tempat tinggal ( istilah popular: KOT, yg arti harfiahnya dlm bahasa Inggris ‘hut’). Hrus lapor dlm jangka 8 hari sesudah menempati tempat tinggal. Untuk soal menyewa tempat tinggal lihat info terpisah.

– Bukti bahwa kita bisa menanggung biaya belajar dan biaya hidup disini. Untuk yang punya beasiswa menunjukkan dari mana dapat beasiswa. Untuk yang bayar sendiri menunjukkan surat sponsorship (lampiran 32b). Mahasiswa tidak bisa mesponsori dirinya sendiri.

Kemana harus lapor diri?

Lapor diri di City Hall/municipality (popular disebut commune atau dlm bahasa Belanda Gemeentehuis/Dienstcentrum) di daerah tempat tinggal.

Setiap dienstcentrum di Gent buka senin-jum’at 8-13. Rabu juga 14-18. Kamis sore tutup.

Juga nanti kita harus datang ke dienstcntrum yg sama   untuk urusan2 lain .

Misalnya :

Pindah alamat— verhuizen

Izin kerja —-arbeiderskaart

SIM —-Rijbewijs

Skck—- bewijs van goed gedrag en zeden dll

 – Untuk yg tinggal di Gent Centrum di

Stad Gent / Dienst Burgerzaken (Stad=city, burgerzaken=civil Affairs)

Woodrow Wilsonplein 1, 9000 Gent,  Telefoon: 09 210 10 10 (Gentinfo), Fax:  09 266 72 49, E-mail: burgerzaken@gent.be

Untuk pertama kali lapor diri: diloket migratie: hanya dgn appointment (afspraak) per telepon 09 266 71 50.

Senin sampai Jumat 8 – 13 dan Rabu 14- 16.30 atau via e-mail: burgerzaken.migratie@gent.be

– untuk yg tinggal di OBSG dan daerah sekitar Universitair Ziekenhuis (UZ, University Hospital).

Dienstcentrum Nieuw Gent Bisa datang tanpa appointment

Rerum-Novarumplein 186A, 9000 Gent, Tel.: 09 268 21 70, Fax: 09 222 06 25, E-mail: dcng@gent.be

info:

bisa bayar dengan bank contact (debit card)

Katleen Van Hoecke

– Untuk yg tinggal didaerah2 (gemeente) lain yg termasuk Greater Gent: lihat Dienstcentra (Service center) di

http://www.gent.be/gent.htm?id=4216&rec=118093&ch=THE

Selain Gent centrum dan Nieuw Gent, ada lagi 10 daerah di Gent: Zwijnaarde, St Amandsberg, Wondelgem, Oostakker, Ledeberg, Drongen, Gentbrugge, Mariakerke, St Denijs Westrem , Muide –Meulestede

Bisa datang tanpa appointment

Lapor diri secara Online.

Lapor diri bisa juga secara OL untuk mahasiswa yg baru masuk Belgia (tidak bisa untuk memperpanjan ID atau untuk mereka yang hanya tinggal 3 bulan saja).

Tertama untuk City Hall Gent, ini akan menolong mempercepat dapat appointment karena channelnya khusus untuk mahasiswa, kalau datang keloket harus bersaing dengan orang2 asing lain.

Harus mengisi formulir yg bisa didownload di

Application registration and resident document for Foreign students

https://edienstverlening.gent.be/application-registration-and-resident-document-foreign-students

Sesudah diisi dan ditanda tangan, diemailkan ke

internationalstudent@gent.be.

Berapa lama nunggu dapat ID ?

ID hanya akan bisa dikeluarkan kalau tempat tinggal kita sdh dicheck oleh polisi (namanya wijkagent yaitu polisi yg tugasnya di wijk=daerah tertentu atau buurtinspecteur . Buurt=kurang lebih kaya RW nya di kita). . Terutama yg tinggal di Gent centrum (dus lapor diri ke City Hall) bisa lama. Pengalaman tahun2 lalu ada yang bisa sampai 2 bulanan. Terutama karena di Gent centrum banyak immigrant. Didaerah2 lain lebih cepat. Sekitar 3 mingguan.

Sebenarnya kita bisa saja aktif mencoba mempercepat prosedur dengan pergi kekantor polisi menanyakan kapan akan dicheck.

Sebelum dapat ID:

– dengan bukti sudah lapor diri, dan bukti daftar ke university bisa membuka account di Bank2 tertentu.   Biasanya mahasiswa yg dapat beasiswa suka diurusin oleh koordinatornya untuk dapat account di Kredit Bank.

Sesudah dapat ID harus segera lapor ke bank sebab bank harus mengetahui identiteit setiap pemegang account (untuk menghindari anonymous money laundering). Kalau tidak, bisa2 accountnya ditutup sama bank (ada yg mengalami sesudah lewat 2 bulan)

– Kalau student visumnya type D single entry, sebelum dapat ID kita tidak bisa keluar dan masuk lagi Belgia pakai kapal terbang. Kalau jalan daratan karena sekarang ini open border antara negara2 European Union (untuk Inggris perlu visa) bisa saja sih walaupun kalau pakai Thalys train atau bus Euroline kadang2 suka ada check ID.

Masa berlaku ID dan perpanjangannya

ID hanya berlaku untuk satu tahun, sampai 31 Oktober. Bisa diperpanjang satu bulan sblm masa berahir. Untuk memperpanjang diperlukan bukti pendaftaran baru.

Untuk mahasiswa S1 harus melampirkan hasil ujian. Sebab kalau tidak ada, perpanjangan ID akan sulit, kita bisa dianggap daftar di univ tapi tidak mengikuti kuliah (hanya kerja/kerja gelap).

Fasilitas dengan punya ID

di Gent selain facilitas2 khusus untuk student dengan punya student card, kalau punya ID kita bisa minta UITPAS (untuk going out, uitgaan=going out) supaya dapat tarif2 murah untuk events/cultural sites tertentu. Tanpa UITPAS cultural2 event/site tertentu juga bisa lebih murah atau gratis untuk penduduk Gent.

Secara umum dengan punyanya ID kalau perlu kita bisa juga dapat pertolongan juridis gratis kalau ada problem, atau bisa juga minta pertolongan/advis ke service kesejahteraan keluarga dari city Gent untuk masalah2 psikologis./ relasi/keluarga dll

ID juga diperlukan kalau kita pergi kerumah sakit, kalau beli obat diapotheek dgn resep dokter.

Pindah alamat.

http://www.gent.be/gent.htm?id=4216&rec=37595&ch=THE

Kalau pindah alamat, misalnya dari A ke B, dalam 8 hari sesudah menempati B harus lapor ke dienstcentrum (gemeente) dari alamat B. .

Lapor bisa dengan datang sendiri ke loket, secara OL (e-loket) , tertulis atau per fax:

dengan nama (nama2) dan tgl lahir yg mau pindah, adres lama, adres baru, pekerjaan, dan jam2 tertentu kapan bisa dicheck oleh polisi (misalnya hanya pagi saja, sore, atau malam). Tapi polisi akan datang tanpa afspraak.

Penyesuaian alamat baru di ID (dan STNK mobil kalau punya) didapat kalau sudah ada pengecekan dari politie .

Kalau lupa PIN code untuk ID, bisa kunjungi pagina Identiteit (www.gent.be > Leven > Bevolking > Documenten > Identiteitskaart) dan ikuti instruksi untuk dapat PIN code baru

Jangan lupa ngasih tahu universitas, assuransi kesehatan, bank, perusahaan air, listrik, gas, internet service provider, cable tv, kantor post dll.

Kalau Pulang?

Kalau pulang kita wajib juga melapor supaya kita dicoret dari data kependudukan.

– dengan mengirim notification. Formulirnya, aangifteformuier van vertrek (departure doc), bisa didownload di

https://edienstverlening.gent.be/application-registration-and-resident-document-foreign-students

Sesudah diisi dan ditandatangani dikirim ke Civil Affairs Department, Migration Counter (Dienst Burgerzaken, Loket Migratie)
 Town Hall, Botermarkt 1, 9000 Gent

– pergi langsung keloket migratie di city hall atau gemeente      sekalian minta surat skck ( certificate of good conduct atau bewijs van goed gedrag en zeden). Ini perlu kalau kita mau datang /belajar lagi di Eropa.

Account di Bank juga mesti ditutup. Kalau masih mengharapkan ada uang masuk, penutupan bisa belakangan oleh orang/temen yg kita kasih surat kuasa (volmacht) hanya untuk menutup (tidak untuk hal2 yang lain. Atau bisa ditutup dari Indonesia. Kemungkinan ini harus ditanyakan langsung pada bank yang bersangkutan.

Penulis : Andjudzman (Wa Ann)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s