Biaya Hidup

Biaya Hidup

Biaya hidup selama berkuliah di luar negeri merupakan salah satu elemen penting yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan untuk melanjutkan studi maupun mencari beasiswa atau sumber dana lainnya. Semoga artikel ini bias menjadi acuan bagi kalian, baik yang sudah diterima dan akan tinggal di kota Ghent ataupun yang masih mencari tempat untuk berkuliah. Perlu diingat bahwa pengeluaran yang tertera disini ditulis pada tahun 2018 (dapat berubah sewaktu-waktu) dan dapat bervariasi dari individu ke individu yang lain.

 

Tempat tinggal

Biaya tempat tinggal di Ghent sendiri sangatlah bervariatif, tentu bergantung pada fasilitas-fasilitas yang tersedia, seperti private bathroom, private kitchen, lokasi, internet, dll. Umumnya, kamar untuk 1 orang memiliki kisaran harga sewa 300-500€/bulan. Sebagai acuan, kamar asrama (residence hall) yang disediakan oleh Ugent untuk master student memiliki harga sewa 411-444€/bulan (tergantung lama sewa). Kamar ini memiliki fasilitas full furnished, private bathroom, dan internet (seperti gambar dibawah). Kadang kala, dapat ditemukan iklan yang menawarkan harga sewa yang sangat murah (sekitar 200€). Kalian perlu mencermati iklan tersebut karena biasanya kamar tersebut memiliki biaya tambahan seperti internet, listrik, gas, dll.

Single room plus di Ugent residence hall, Stalhof (sumber: Ugent)

Sementara itu, bagi kalian yang ingin membawa keluarga, harus menyewa studio atau apartemen yang memang memiliki kapasitas tinggal untuk 2 orang atau lebih. Harga sewa untuk studio/apartemen dapat melebihi 600€/bulan. Ugent sendiri menyediakan apartemen untuk 2 orang dengan harga 623€/bulan dan untuk 4 orang dengan harga 853€/bulan. Apartemen tersebut dapat dilihat disini dan disini. Hal penting lain yang perlu diingat adalah diluar biaya sewa tersebut kalian juga harus menyediakan deposit dibulan pertama yang akan dikembalikan di akhir masa sewa. Deposit umumnya akan sebesar biaya sewa 1-2 bulan. Di asrama Ugent, penyewa akan dikenakan deposit dengan total sekitar 370€/bulan.

Sebagai informasi, salah satu tempat tinggal termurah bagi student di Ghent adalah O.B.S.G. O.B.S.G. merupakan organisasi non-profit yang menyediakan tempat tinggal bersubsidi untuk international student di Ghent. Kalian juga dapat mencari tempat tinggal melaui website kot.gent ataupun grup facebook.

Konsumsi

Selain papan, pangan merupakan biaya primer lain yang akan merogoh saku setiap student. Biaya ini tentunya akan sangat bervariasi menurut setiap individu. Salah satu hal yang paling mempengaruhi biaya tersebut adalah seberapa sering kalian makan diluar (bukan masakan sendiri). Sebagai acuan, saya mengeluarkan rata-rata 6,5€/hari untuk pangan pada hari kerja, yang terdiri dari sarapan berupa roti, makan siang di kantin (cafetaria Ugent), dan makan malam yang saya buat sendiri. Untuk kalian yang rajin memasak, kalian dapat lebih berhemat dengan membawa bekal setiap hari ke kampus.

Sehari-hari, kalian dapat membeli 1 porsi makan berat (protein-karbohidrat-sayuran) di kantin Ugent seharga 3,5-4€. Kantin tersebut juga menjual sandwich seharga 2-3,5€ dan sup seharga 0,5-2,5€. Kalian dapat mengamati jam buka kantin dan menunya (berubah setiap hari) ditautan ini. Sementara itu harga bahan makanan dapat berubah sewaktu-waktu (sama seperti Indonesia) dan berbeda antara took yang satu dengan yang lain. Kalian dapat memperoleh ayam dengan harga 6-10€/kg. Sumber karbohidrat, seperti beras dapat kalian beli dengan harga 1-3€/kg. Numbeo meberikan beberapa acuan lain yang dapat kalian lihat (harga tersebut merupakan batas atas).

Sesekali kalian pasti ingin mengeluarkan uang lebih untuk makan di restoran. Makanan fastfood seperti burger dan kentang dapat diperoleh dengan harga 3-6€. Sementara itu, 1 porsi makanan di student restaurant akan merogoh sekitar 10€ dari uang saku kalian. Tentu saja, sepert di Indonesia, dapat ditemukan berbagai promo menarik baik di restoran maupun supermarket. Setelah beberapa saat, saya yakin kalian akan memperoleh keahlian untuk memilah-milah harga makanan bedasarkan diskon yang ditawarkan tersebut.

Transportasi

Layanan transportasi umum di Ghent tergolong cukup lengkap (terdiri dari tram dan bus). Terdapat beberapa pilihan tiket yang dapat kalian gunakan, diantaranya: single ticket, 10-trip ticket, dan travel pass. Saya kurang merekomendasikan single ticket karena memiliki harga yang cukup mahal (3€). Kalian dapat membeli 10-trip ticket seharga 16€ di loket/mesin tiket de lijn dan seharga 15€ melalui aplikasi de lijn. Ada baiknya pula kalian membeli travel pass untuk 1 bulan, mengingat kalian akan sering berpergian menggunakan transportasi umum pada awal masa tinggal. Setiap hari minggu pertama pada setiap bulan, kalian dapat menikmati fasilitas bus dan tram gratis di kota Ghent.

Bus de lijn, perusahaan transportasi umum utama di Ghent (Sumber: delijn.be)

Selain opsi diatas, mayoritas pelajar di Ghent memilih untuk menggunakan sepeda pada kesehariannya. Bersepeda mempunyai keuntungan diantara lain: praktis, murah, dan cepat. Kalian dapat menyewa sepeda (45-65€/tahun) maupun membeli sepeda bekas (30-200€). Apabila kalian ingin menyewa, disarankan untuk mengajukan aplikasinya secepat mungkin karena panjangnya antrian penyewaan pada bulan-bulan awal semester kuliah.

Bagi kalian yang ingin bepergian keluar kota Ghent, opsi tercepat dan termurah adalah menggunakan kereta. Sama seperti tiket bus, kereta SNCB menawarkan beberapa opsi tiket seperti single trip, 10-pass, dan travel pass. Kalian dapat membeli 10-pass ticket seharga 55€ untuk yang berusia dibawah 26 tahun dan 88€ untuk yang berusia lebih dari 26 tahun. Pada periode liburan setiap musimnya, terdapat juga promosi menarik untuk kalian yang berusia dibawah 26 tahun. Selain kereta, kalian juga dapat menggunakan flixbus untuk pergi ke kota/negara lain.

Stationery

Terdapat berbagai toko yang menjual alat tulis di pusat kota, seperti Hema dan Ava. Supermarket-supermarket juga menjual alat tulis dasar seperti kertas dan pena. Namun menurut pengalaman saya, kalian akan memperoleh banyak notes dan pen pada saat kalian mendaftarkan diri di universitas, sehingga kalian dapat mengurangi pengeluaran untuk barang-barang tersebut. Sementara untuk keperluan fotokopi, kalian dapat menggunakan jasa private maupun universitas (untuk Ugent). Biaya fotokopi dan print adalah sekitar 0.05-0.5€ (tergantung toko). Banyak Lembaga kemahasiswaan yang juga menjual print-out slide atau course notes dengan harga lebih murah.

Pulsa

Beberapa provider terkenal di Belgia adalah Mobile Viking, Base, Orange, dan Proximus. Kalian dapat memperoleh paket telpon, sms, dan internet dengan kisaran harga 10-25€ (tergantung besar kuota). Kebanyakan dari provider tersebut akan memberikan kuota lebih besar apabila kalian menggunakan layanan pasca bayar (subscriber).

Entertainment

Banyak sekali aktivitas yang dapat kalian lakukan di kota Ghent untuk melepas penat dari keseharian kalian, seperti menonton film, boat travel, wisata museum, hingga berjalan-jalan di taman. Sebagai student, kalian dapat memperoleh potongan harga di banyak aktivitas tersebut. Sebagai contoh, dengan menggunakan student membership card, kalian dapat menonton di Kinepolis dengan harga 8€. Ugent juga menyediakan sport center bagi kalian yang suka berolahraga. Tentu saja, kalian juga dapat bersenang-senang dengan mengikuti kegiatan yang akan diadakan oleh PPI Ghent dan Belgia sepanjang tahunnya.

Penulis: Harry Triharyogi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s